Kamis, 03 Januari 2013

Rumus dan contoh simple present


SIMPLE PRESENT TENSE



Simple present adalah suatu grammer ( susunan kalimat ) yang menjelaskan keterangan saat ini atau nanti.
Contoh : ( dalam kalimat positive )
Saya makan nasi pagi ini => I eat rice this morning
saya berangkat sekolah => I go to school

Coba perhatikan susunan kalimat nya:
Saya makan nasi pagi ini => I eat rice this morning
S V1 O adv S V1 O adverb
Saya berangkat sekolah => I go to school
S V1 O S V1 O

S=(subject), V=(kata kerja), O=(object), adv=(keterangan)/ tambahan

RUMUS SIMPLE PRESENT

* Positive: S + V1 + O

V1 = kata kerja bentuk ke satu.
Jika subject He , She , It maka V1 + s / es { go = goes, eat = eats }

Contoh :
Saya berangkat sekolah => I go to school
Dia berangkat sekolah => He goes to school
Saya makan nasi pagi ini => I eat rice this morning
Dia berangkat sekolah => He eats rice this morning


* Negative ( tidak ) : S + don’t / doesn’t + V1 + O

Don’t = untuk subject : I , You , they , we. Doesn’t = untuk subject : He , She, it

Jika sudah menggunakan doesn’t, maka V1 tidak perlu ditambahi s / es !

Contoh :
Saya tidak berangkat sekolah => I don’t go to school
Dia tidak berangkat sekolah => He doesn’t go to school
Saya tidak makan nasi pagi ini => I don’t eat rice this morning
Dia tidak makan nasi pagi ini => He doesn’t eat rice this morning


* interogative ( pertanya’an ) : do / does + S + V1 + O

Do = untuk subject : I , You , They , We. Does = untuk subject : He , She , it

Jika sudah menggunakan Does, maka V1 tidak perlu ditambahi s / es !

Contoh:
Apakah saya berangkat sekolah?. => Do I go to school ?
Apakah dia berangkat sekolah ?. => Does He go to school ?
Apakah saya makan nasi tadi pagi ?. => Do I eat rice this morning?
Apakah dia makan nasi tadi pagi ? => Does He eat rice this morning?


Pelajarilah juga dengan mudah grammer – grammer yang lain DISINI

“mohon dimaafkan jika ada ketidak sesuaian di blog kami”
semoga bermanfaat dan semoga semakin maju bangsa kita

kritik&saran silahkan di kolom komentar atau ke email kami ( imam17th@gmail.com )
...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar