Kamis, 24 Januari 2013

rumus dan contoh past perfect


PAST PERFECT



Past perfect adalah suatu grammer ( susunan kalimat ) yang menjelaskan suatu perbuatan yang telah selesai ( baru saja ) tapi di masa lalu.

Contoh:
- Saya telah menjual mobil saya, 2 hari yang lalu
Artinya: Saya telah ( baru saja ) menjual mobil saya. ( tapi di masa lalu ) yaitu: 2 hari yang lalu
- Dia telah menyelesaikan pekerjaan ku, tadi pagi .
Artinya: Dia telah ( baru saja ) menyelesaikan pekerjaan saya. ( tapi di masa lalu ) yaitu: tadi pagi.

Kata kerja past perfect menggunakan kata kerja bentuk ketiga ( V3 ) dengan di dahului had sebelum kata kerja nya.

Jika kata kerjanya adalah reguler verb ( kata kerja beraturan ) maka, kata kerja bentuk ketiga ( V3 ) adalah kata kerja bentuk kesatu ( V1 ) yang ditambahi d / ed.

Contoh:
Change : merubah => Changed : merubah
Open : membuka => Opened : membuka
Close : menutup => Closed : menutup
Search : mencari => Searched : mencari

Tapi Jika kata kerjanya adalah ireguler verb ( kata kerja tidak beraturan ). Maka, pelajarilah dan hafalkanlah dahulu kata kerja ireguler. Untuk memudahkan anda menguasai grammer.

Contoh kata kerja ireguler ( tidak beraturan ) :
Go = V1 Went = V2 Gone = V3 => pergi
Eat = V1 Ate = V2 Eaten = V3 => makan
Take = V1 Took = V2 Taken = V3 => mengambil

Biar lebih paham, kami disini akan memberi contoh hanya memakai kata kerja reguler ( beraturan )
Untuk kata kerja ireguler ( tidak beraturan ) bisa kalian pelajari pada postingan kami selanjutnya.


Perbedaan simple past dengan past perfect.
Coba temukan perbedaannya!

Simple past:
+ Saya mencuci mobil saya, kemarin => I washed my car, yesterday
- Saya tidak mencuci mobil saya, kemarin => I didn’t wash my car, yesterday
? Apakah saya mencuci mobil saya kemarin? => did I wash my car, yesterday ?

Past perfect:
+ Saya telah mencuci mobil saya, kemarin
=> I had washed my car, yesterday
- Saya tidak telah mencuci mobil saya, kemarin
=>I hadn’t washed my car, yesterday
? Apakah saya telah mencuci mobil saya kemarin ?
=> Had I washed my car, yesterday ?


Perbedaan nya ada pada kata kerja dan penambahan had sebelum kata kerjanya

-
Simple past kata kerjanya menggunakan kata kerja bentuk ke-dua ( V2 )
Tapi Past perfect kata kerjanya menggunakan kata kerja bentuk ke-tiga ( V3 )
-
Simple past dalam kalimat negative, sebelum kata kerja ditambahi Did not ( didn’t )
Past perfect dalam kalimat negative, sebelum kata kerja ditambahi had not ( hadn’t )
-
Simple past dalam kalimat interogative ( tanya ) menggunakan did
Past perfect dalam kalimat interogative ( tanya ) menggunakan Had
-
Simple past dalam kalimat negative dan interogative, kata kerjanya berubah menjadi V1
Past perfect dalam kalimat positive, negative, interogative, kata kerjanya masih tetap V3

Setelah anda mengetahui dimana perbedaannya. Coba perhatikan rumus dari past perfect berikut:

RUMUS PAST PERFECT

* POSITIVE: S + Had + V3 + O

Contoh:
Saya telah mencuci mobil saya, kemarin => I had washed my car, yesterday
Mereka telah mencuci mobil saya, kemarin =>They had washed my car, yesterday

Dia telah menerima hadiah saya, tadi malam =>She had accepted my gift, last night
Ani telah menerima hadiah saya, tadi malam =>Ani had accepted my gift, last night


* NEGATIVE ( tidak ) S + had + not + V3 + O

Had + not = had not / bisa disingkat hadn’t

Contoh:
Saya tidak telah mencuci mobil saya, kemarin
=> I hadn’t washed my car, yesterday
Mereka tidak telah mencuci mobil saya, kemarin
=> They hadn’t washed my car, yesterday

Dia tidak telah menerima hadiah saya, tadi malam
=> She hadn’t accepted my gift, last night
Ani tidak telah menerima hadiah saya tadi malam
=> Ani hadn’t accepted my gift, last night

Lihat dan perhatikan perbedaan antara kalimat positive dengan kalimat negative.
Hanya terdapat sedikit perbedaan. Yaitu: penambahan not setelah had


* INTEROGATIVE ( pertanyaan ) had + S + V3 + O ?

Contoh:
Apakah saya telah mencuci mobil saya, kemarin ?
=> had I washed my car, yesterday ?
Apakah mereka telah mencuci mobil saya, kemarin ?
=> had They washed my car, yesterday ?

Apakah dia telah menerima hadiah saya, tadi malam ?
=> had She accepted my gift, last night ?
Apakah Ani telah menerima hadiah saya, tadi malam ?
=> had Ani accepted my gift, last night ?

Lihat dan perhatikan perbedaan antara kalimat positive dengan kalimat interogative.
Hanya terdapat sedikit perbedaan. Yaitu: peletakan had, yang diletakkan sebelum subject.


Pelajarilah juga dengan mudah grammer – grammer yang lain DISINI

“mohon dimaafkan jika ada ketidak sesuaian di blog kami”
semoga bermanfaat dan semoga semakin maju bangsa kita

kritik&saran silahkan di kolom komentar atau ke email kami ( imam17th@gmail.com )
...


1 komentar: