Jumat, 04 Januari 2013

Rumus dan contoh present perfect continous


PRESENT PERFECT CONTINOUS
 


Present perfect continous adalah suatu grammer ( susunan kalimat ) yang menjelaskan suatu perbuatan yang telah lewat baru saja, Tapi masih masih dilakukan sekarang ( belum selesai ).

Contoh:
Saya telah sedang makan
Artinya: saya sudah makan, tapi belum selesai makannya.

Kata kerja present perfect continous menggunakan kata kerja Ving yang berarti ( sedang / continous ). di dahului have / has ( yang menunjukan perfect / telah ) dengan disambung oleh to be ( been ).

Present perfect continous adalah gabungan dari grammer present perfect dengan present continous.
Jika present perfect rumusnya : S + have/has + V3 + O
Jika present continous rumusnya : S + to be (is/am/are) + Ving + O

Maka present perfect continous ; S + Have / has + to be ( been ) + Ving + O

Present perfect continous memakai to be ( been ). karena
Jika setelah have / has / had ada to be. Maka to be nya harus memakai been.

Perbedaan present perfect continous dengan present continous dan present perfect:
Coba temukan perbedaannya!

Present continous : ( sedang menyelesaikan )
Saya sedang mengganti baju saya => I am changing my clothes
Dia sedang mengganti baju saya => He is changing my clothes

Present perfect: ( sudah selesai baru saja )
Saya telah mengganti baju saya => I have changed my clothes
Dia telah menganti baju saya => He has changed my clothes

Present perfect continous : ( sudah tapi belum selesai )
Saya telah sedang mengganti baju saya => I have been changing my clothes
Dia telah sedang mengganti baju saya => He has been changing my clothes

Setelah anda mengetahui dimana perbedaanya. Coba anda perhatikan rumus dari present perfect continous berikut:

RUMUS PRESENT PERFECT CONTINOUS

* POSITIVE : S + have / has + to be ( been ) + Ving + O

Have = digunakan untuk subject : I , You , They , We (ayu dewi)
Has = digunakan untuk subject : He , She , It

Contoh:
Saya telah sedang mengganti sepatu saya => I have been changing my shoes
Ani telah sedang mengganti sepatu saya =>Ani has been changing my shoes

Saya telah sedang menyelesaikan pekerjaan saya => I have been finishing my work
Ani telah sedang menyelesaikan pekerjaan saya => Ani has been finishing my work


* NEGATIVE:( tidak ) S + have / has + not + to be ( been ) + Ving + O

Have + not = have not / bisa disingkat haven’t
Has + not = has not / bisa disingkat hasn’t

Contoh:
Saya tidak telah sedang mengganti sepatu saya
=> I haven’t been changing my shoes
Ani tidak telah sedang mengganti sepatu saya
=>Ani hasn’t been changing my shoes

Saya tidak telah sedang menyelesaikan pekerjaan saya
=> I haven’t been finishing my work
Ani tidak telah sedang menyelesaikan pekerjaan saya
=>Ani hasn’t been finishing my work

Coba lihat dan perhatikan perbedaan antara kalimat positive dengan kalimat negative!
Hanya terdapat sedikit perbedaan. Yaitu: penambahan not setelah have/has.


* INTEROGATIVE: (pertanyaan) have / has + S + to be ( been ) + Ving + O ?

Contoh:
Apakah saya telah sedang mengganti sepatu saya ?
=> Have I been changing my shoes ?
Apakah Ani telah sedang mengganti sepatu saya ?
=> Has Ani been changing my shoes ?

Apakah saya telah sedang menyelesaikan pekerjaan saya ?
=> Have I been finishing my work ?
Apakah Ani telah sedang menyelesaikan pekerjaan saya ?
=> Has Ani been finishing my work ?

Lihat dan perhatikan perbedaan antara kalimat positive dengan kalimat interogative!
Hanya terdapat sedikit perbedaan. Yaitu: di dalam penempatan have / has nya.


Pelajarilah juga dengan mudah grammer – grammer yang lain DISINI

“mohon dimaafkan jika ada ketidak sesuaian di blog kami”
semoga bermanfaat dan semoga semakin maju bangsa kita

kritik&saran silahkan di kolom komentar atau ke email kami ( imam17th@gmail.com )
...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar