Jumat, 04 Januari 2013

rumus dan contoh present perfect


PRESENT PERFECT 



Present perfect adalah suatu grammer ( susunan kalimat ) yang menjelaskan keterangan suatu perbuatan yang baru saja lewat ( telah lewat baru saja ).

Kata kerja present perfect menggunakan kata kerja bentuk ketiga ( V3 ).
Jika kata kerjanya adalah reguler verb ( kata kerja beraturan ) maka, kata kerja bentuk ketiga ( V3 ) adalah kata kerja bentuk kesatu ( V1 ) yang ditambahi d / ed.

Contoh:
Change : merubah => Changed : merubah
Open : membuka => Opened : membuka
Close : menutup => Closed : menutup
Search : mencari => Searched : mencari

Tapi Jika kata kerjanya adalah ireguler verb ( kata kerja tidak beraturan ). Maka, pelajarilah dan hafalkanlah dahulu kata kerja ireguler. Untuk memudahkan anda menguasai grammer.

Contoh kata kerja ireguler ( tidak beraturan ) :
Go = V1 Went = V2 Gone = V3 => pergi
Eat = V1 Ate = V2 Eaten = V3 => makan
Take = V1 Took = V2 Taken = V3 => mengambil

Biar lebih paham, kami disini akan memberi contoh hanya memakai kata kerja reguler ( beraturan )
Untuk kata kerja ireguler ( tidak beraturan ) bisa kalian pelajari pada postingan kami selanjutnya.

Perbedaan simple present dengan present perfect
Coba temukan perbedaannya!

Simple present:
Saya merubah gaya saya => I change my style
Kamu merubah gaya saya => You change my style
Dia merubah gaya saya => He changes my style
Ani merubah gaya saya => Ani changes my style

Present perfect:
Saya telah merubah gaya saya => I have changed my style
Kamu telah merubah gaya saya => You have changed my style
Dia telah merubah gaya saya => He has changed my style
Ani telah merubah gaya saya => Ani has changed my style

Setelah anda mengetahui dimana perbedaannya, coba perhatikan rumus dari present perfect berikut :

RUMUS PRESENT PERFECT

* POSITIVE: S + have / has + V3 + O

Have = digunakan untuk subject : I , You , They , We. ( ayu dewi )
Has = di gunakan untuk subject : He , She , It.

Contoh:
Saya telah merubah gaya saya => I have changed my style
Kamu telah merubah gaya saya => You have changed my style
Ani telah merubah gaya saya => Ani has changed my style

Saya telah menutup pintu itu => I have closed the door
Kamu telah menutup pintu itu => You have closed the door
Ani telah menutup pintu itu => Ani has closed the door


* NEGATIVE ( tidak ): S + have / has + not + V3 + O

Have + not = have not / bisa disingkat haven’t
Has + not = has not / bisa di singkat hasn’t

Contoh:
Saya tidak telah merubah gaya saya => I haven’t changed my style
Kamu tidak telah merubah gaya saya => You haven’t changed my style
Ani tidak telah merubah gaya saya => Ani hasn’t changed my style

Saya tidak telah menutup pintu itu => I haven’t closed the door
Kamu tidak telah menutup pintu itu => You haven’t closed the door
Ani tidak telah menutup pintu itu => Ani hasn’t closed the door

Lihat dan perhatikan perbedaan antara kalimat positive dengan negative!.
Hanya terdapat sedikit perbedaan. Yaitu: Penambahan not setelah have / has.


* INTEROGATIVE ( pertanya’an ): have / has + S + V3 + O

Contoh:
Apakah Saya telah merubah gaya saya? => Have I changed my style ?
Apakah Kamu telah merubah gaya saya? => Have You changed my style ?
Apakah Ani telah merubah gaya saya? => Has Ani changed my style ?

Apakah Saya telah menutup pintu itu? => Have I closed the door ?
Apakah Kamu telah menutup pintu itu? => Have You closed the door ?
Apakah Ani telah menutup pintu itu? => Has Ani closed the door ?

Lihat dan perhatikan perbedaan antara kalimat positive dengan kalimat interogative!
Hanya terdapat sedikit perbedaan. Yaitu: di dalam penempatan Have / Has nya.


Pelajarilah juga dengan mudah grammer – grammer yang lain DISINI

“mohon dimaafkan jika ada ketidak sesuaian di blog kami”
semoga bermanfaat dan semoga semakin maju bangsa kita

kritik&saran silahkan di kolom komentar atau ke email kami ( imam17th@gmail.com )
...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar